Friday, June 22, 2012

Monyet Pertama yang Bisa Kembali ke Bumi Hidup

Tanggal 28 Mei 1959 adalah hari yang bersejarah bagi penerbangan ruang angkasa. Karena untuk pertama kalinya misi dengan menerbangkan makhluk hidup bisa kembali ke bumi dan makhluk itu masih hidup.
 
Makhluk hidup yang berada di misi tersebut adalah dua ekor monyet: Able - monyet jenis rhesus dan Baker - jenis squirrel. Keduanya diterbangkan dalam suatu misi menggunakan roket (misil) bernama Jupiter AM-18. Kedua monyet itu ditempatkan di ujung misil berbentuk cone.

Misil diterbangkan dari Cape Canaveral, Florida, pada 28 Mei 1959. Penerbangan misil itu mencapai kecepatan tertingginya 16.090 km/jam.Sedangkan pencapaiannya meliputi jarak sejauh 2.413 km di atas Atlantik Selatan. Perjalanan mereka sejak peluncuran berlangsung selama 16 menit.

Setelah cone jatuh di laut, tim menemukan Able maupun Baker masih hidup. Namun Able kemudian mati empat hari kemudian setelah melalui operasi karena terjadi infeksi akibat eletroda yang ditanam di tubuhnya. Sedangkan Baker bisa hidup beberapa tahun kemudian dan mati pada 29 November 1984.

Keberhasilan itu menjadi tonggak penting untuk melakukan misi lebih besar dengan menerbangkan manusia ke ruang angkasa dan bisa kembali ke bumi dengan sehat. Dan hal itu sudah dibuktikan karena manusia kemudian bisa terbang ke ruang angkasa bahkan bisa mendarat di bulan dan kembali selamat ke bumi.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Kuswandi13 | Alamat Ciamis | Email : engkus.kuswandi13@gmail.com