Sunday, July 22, 2012

3 Kemampuan Dasar Seorang Penjual

Menjadi seorang penjual adalah sebuah profesi luar biasa tapi banyak ditakuti orang. Apa yang sebenarnya ditakutkan? Pada dasarnya ketakutan terbesar yang seringkali muncul adalah takut malu. Karenanya, seringkali orang yang terjun ke dunia penjualan adalah mereka yang nekat atau yang secara tidak sengaja tercebur.
Karenanya ilmu dan skill yang dimiliki didapatkan secara otodidak. Maka tak heran ketika seorang penjual sukses diberikan kesempatan untuk sharing mengenai pengalamannya, sebagian besar hal yang mereka bagi adalah mengenai semangat dan kerja keras. Padahal sebetulnya Semangat dan kerja keras hanyal salah satu hal saja yang harus dimiliki oleh seorang penjual sukses.
Secara garis besar, ada 3 hal utama yang harus dimiliki oleh seorang penjual agar sukses di dunia penjualan

1.       Sales Skill
Seorang penjual sukses harus memiliki kemampuan menjual (selling skill) yang baik. Untuk memiliki selling skill yang baik kita harus memahami bahwa penjualan memerlukan sebuah proses mulai dari prospecting, fact finding, presenting solution hingga closing. Dalam setiap tahap penjualan pasti ada proses penolakan dari nasabah sehingga seorang sales mutlak untuk memiliki kemampuan handling objection yang baik. Kesalahan yang sering dilakukan seorang sales team adalah langsung menjual produk ketika pertama kali bertemu dengan prospek. Detail mengenai tahapan-tahapan penjualan akan dibahas pada tulisan-tulisan selanjutnya.

2.       Execution Skills & Job Knowledge
Pengetahuan mengenai ruang lingkup pekerjaan, bagaimana aturan dan prosesnya perlu dimiliki oleh seorang penjual. Mengapa? Karena pengetahuan pemahaman mendalam mengenai hal tersebut akan menunjang kemampuan eksekusi seorang sales. Sebagai contoh, seorang account officer bank harus paham mengenai aspek-aspek analisa kredit, alur dan proses, pengetahuan mengenai aspek legal yang akan menunjang kemampuannya dalam membuat proposal kredit, memberikan saran kepada nasabah mengenai dokumen yang diperlukan serta memberikan konsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan akad kredit. Jika ingin sukses, seorang penjual harus mumpuni dengan berbagai hal tersebut.

3.       Self Effectiveness Skill
Ini adalah kemampuan fundamental yang dimiliki oleh seorang sales force team. Kemampuan ini meliputi possitive mental attitude, time management, pipeline management termasuk di dalamnya salesmanship dan etos kerja yang tinggi. Skill ini mendasi fondasi dari kedua skill yang lain. Sepintar apapun seorang sales menggaet prospek dan melakukan analisa semua tidak ada artinya jika dia gampang menyerah. Tidak ada artinya dia mudah berprasangka negative terhadap prospek dan juga rekan satu team.
Pelatihan-pelatihan motivasi dan perubahan mindset mungkin bisa menjadi salah satu sarana untuk membetuk skill ini. Karenanya seorang sales force team tidak boleh ragu untuk berinvestasi mengikuti pelatihan ataupun seminar mengenai pengembangan diri. Cara yang paling mudah adalah menginvestasikan waktu untuk rajin membaca buku-buku yang dapat memberikan wawasan dan perubahan mindset.





Ketiga hal tersebut wajib dimiliki dan dibina pada diri setiap orang sales person. Siapa yang bertanggungjawab membentuk tiga hal tersebut? Tentu saja utamanya adalah diri sales force itu sendiri dan dibantu oleh sales leadernya.  Sales leader harus mampu menciptakan suasana dan membentuk atmosfer yang dapat mengembangkan ketiga hal tersebut.

1 comments:

Arif_Januardi said...

Hueehh,, Lama Lama ngantuuk ngeliatnya... But Pantes juga buat gw.. :D

Post a Comment

 
Design by Kuswandi13 | Alamat Ciamis | Email : engkus.kuswandi13@gmail.com