Menjadi seorang penjual adalah sebuah profesi luar biasa tapi banyak
ditakuti orang. Apa yang sebenarnya ditakutkan? Pada dasarnya ketakutan
terbesar yang seringkali muncul adalah takut malu. Karenanya, seringkali
orang yang terjun ke dunia penjualan adalah mereka yang nekat atau yang
secara tidak sengaja tercebur.
Karenanya ilmu dan skill yang dimiliki didapatkan secara otodidak.
Maka tak heran ketika seorang penjual sukses diberikan kesempatan untuk
sharing mengenai pengalamannya, sebagian besar hal yang mereka bagi
adalah mengenai semangat dan kerja keras. Padahal sebetulnya Semangat
dan kerja keras hanyal salah satu hal saja yang harus dimiliki oleh
seorang penjual sukses.
Secara garis besar, ada 3 hal utama yang harus dimiliki oleh seorang penjual agar sukses di dunia penjualan
1. Sales Skill
Seorang penjual sukses harus memiliki kemampuan menjual (selling skill)
yang baik. Untuk memiliki selling skill yang baik kita harus memahami
bahwa penjualan memerlukan sebuah proses mulai dari prospecting, fact
finding, presenting solution hingga closing. Dalam setiap tahap
penjualan pasti ada proses penolakan dari nasabah sehingga seorang sales
mutlak untuk memiliki kemampuan handling objection yang baik. Kesalahan
yang sering dilakukan seorang sales team adalah langsung menjual produk
ketika pertama kali bertemu dengan prospek. Detail mengenai
tahapan-tahapan penjualan akan dibahas pada tulisan-tulisan selanjutnya.
2. Execution Skills & Job Knowledge
Pengetahuan mengenai ruang lingkup pekerjaan, bagaimana aturan dan
prosesnya perlu dimiliki oleh seorang penjual. Mengapa? Karena
pengetahuan pemahaman mendalam mengenai hal tersebut akan menunjang
kemampuan eksekusi seorang sales. Sebagai contoh, seorang account
officer bank harus paham mengenai aspek-aspek analisa kredit, alur dan
proses, pengetahuan mengenai aspek legal yang akan menunjang
kemampuannya dalam membuat proposal kredit, memberikan saran kepada
nasabah mengenai dokumen yang diperlukan serta memberikan konsultasi
mengenai hal-hal yang berkaitan dengan akad kredit. Jika ingin sukses,
seorang penjual harus mumpuni dengan berbagai hal tersebut.
3. Self Effectiveness Skill
Ini adalah kemampuan fundamental yang dimiliki oleh seorang sales
force team. Kemampuan ini meliputi possitive mental attitude, time
management, pipeline management termasuk di dalamnya salesmanship dan
etos kerja yang tinggi. Skill ini mendasi fondasi dari kedua skill yang
lain. Sepintar apapun seorang sales menggaet prospek dan melakukan
analisa semua tidak ada artinya jika dia gampang menyerah. Tidak ada
artinya dia mudah berprasangka negative terhadap prospek dan juga rekan
satu team.
Pelatihan-pelatihan motivasi dan perubahan mindset mungkin bisa
menjadi salah satu sarana untuk membetuk skill ini. Karenanya seorang
sales force team tidak boleh ragu untuk berinvestasi mengikuti pelatihan
ataupun seminar mengenai pengembangan diri. Cara yang paling mudah
adalah menginvestasikan waktu untuk rajin membaca buku-buku yang dapat
memberikan wawasan dan perubahan mindset.
Ketiga hal tersebut wajib dimiliki dan dibina pada diri setiap orang sales person. Siapa yang bertanggungjawab membentuk tiga hal tersebut? Tentu saja utamanya adalah diri sales force itu sendiri dan dibantu oleh sales leadernya. Sales leader harus mampu menciptakan suasana dan membentuk atmosfer yang dapat mengembangkan ketiga hal tersebut.
1 comments:
Hueehh,, Lama Lama ngantuuk ngeliatnya... But Pantes juga buat gw.. :D
Post a Comment