Sunday, July 22, 2012

Apakah Faktor – faktor Individu yang Bisa Kita Kendalikan, Ubah dan Perbaiki untuk Meningkatkan Hasil Penjualan? (4)


Dalam 3 edisi sebelumnya kita telah membahas 3 faktor yaitu kuantitas kerja,kualitas kerja dan sasaran/ arah kerja.
Faktor Individu ke- empat yang bisa dikendalikan, diubah dan sepenuhnya ada dalam kewenangan kita sebagai Salesperson adalah:
4.       Motivasi  Kerja.
Motivasi kerja salesperson bisa dilihat dari positif (+) atau negative (-) pola pikir, ucapan, prilaku dan  kesehariannya dalam melakukan aktivitas penjualan. Hal-hal tersebut dapat tercermin dalam perilaku dasar seorang salesperson misalnya;
  • Apakah salesperson mempunyai program kerja yang jelas dari pukul 08.00 s/d 17.00?
  • Apakah salesperson memiliki kedisiplinan dalam membuat janji pertemuan dengan customer?
  • Apakah salesperson cepat tanggap dalam menghadapi keluhan customer?
  • Apakah salesperson tertib dalam menyerahkan sales report kepada atasannya?
  • Apakah salesperson memiliki keinginan kuat untuk belajar produk dan teknik – teknik penjualan?
  • Apakah salesperson disiplin dalam menghadiri kegiatan briefing, morning meeting dan weekly meeting?
Setiap Salesperson mempunyai motivasi masing –masing untuk tujuan yang diinginkannya, misalnya: motivasi untuk mendapatkan posisi karir yang lebih tinggi, income atau penghasilan yang lebih besar, kepuasan atas pencapaian tertinggi, pengakuan dari atasan dan lain-lain.  Janganlah mempersalahkan atasan atau siapapun atas kegagalan anda dalam melakukan penjualan. Tidak ada satu orangpun yang bisa memotivasi orang lain, meskipun itu atasan anda, orang tua anda atau bahkan siapapun. Yang ada adalah bahwa oranglain hanya bisa menciptakan suasana atau situasi bagi seseorang untuk bangkit dan bergerak melakukan sesuatu. Akan tetapi, pada akhirnya kita sendiri yang harus membangkitkan motivasi dalam diri kita.
Apa yang harus dilakukan Salesperson supaya memiliki motivasi kerja yang tinggi ?
  1. Introspeksi diri atas apa yang menjadi tujuan dan motivasi anda bekerja pada saat pertama kali menginjakkan kaki di perusahaan yang anda tekuni saat ini; apakah tujuan tersebut telah tercapai? Seberapa besar? Mengapa? Apa yang harus saya lakukan supaya tujuan awal saya tercapai bahkan terlampaui dengan sukses? 
  2. Selalu tanamkan “pola pikir, sikap, mental dan prilaku juara” dalam diri anda. Ingatlah: pola pikir yang positif akan membentuk pernyataan – pernyataan positif diikuti dengan tindakan  – tindakan yang positif  sehingga tanpa anda sadari anda akan membentuk prilaku positif dan terkristalisasi menjadi sikap yang positif.
  3. Mental dan Sikap yang Positif akan menjadi kekuatan yang luarbiasa untuk meningkatkan jumlah aktivitas penjualan anda (kuantitas kerja), mendorong minat anda untuk mempertajam pengetahuan dan keterampilan anda (kualitas kerja), membuka jalan anda untuk menembus segmen privilege customer (sasaran kerja). 
Ingatlah bahwa sukses milik anda 100% dan tidak boleh ada siapapun yang menghalangi jalan sukses dan kesuksesan yang anda inginkan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Kuswandi13 | Alamat Ciamis | Email : engkus.kuswandi13@gmail.com